Posted by : Unknown Minggu, 01 Desember 2013

Adrian Smith




Adrian D. Smith lahir 19 Agustus 1944 di Chicago, Illinois. Dia adalah seorang arsitek dari USA yang telah merancang gedung-gedung pencakar langit seperti Burj Khalifa, Jin Mao Tower dan Trump International Hotel and Tower, serta yang masih dalam tahap pembangunan seperti Kingdom Tower di Jeddah , Arab Saudi dan Azerbaijan Tower di  Baku, Azerbaijan.


Pendidikan
Sewaktu berkuliah di Texas A & M University, Dia mengejar gelar Bachelor of Architecture ketika sedang terlibat dengan Korps Kadet. Dan dia pun tidak lulus, dan malah meninggalkan Texas A & M University untuk bekerja di Skidmore, Owings and Merrill (SOM) pada tahun 1967. Ia menyelesaikan pendidikannya di University of Illinois, Chicago, dan lulus pada tahun 1969.

Karir
Smith bekerja pada berbagai proyek di SOM pada tahun 1967 sampai 2006. Dia kemudian membentuk perusahaan sendiri yang bernama Adrian Smith+Gordon Gill Architecture. Karena keberhasilannya mendesain proyek-proyek besar, ia terus memenangkan penghargaan dan pengakuan atas pekerjaan yang dia lakukan selama tugas yang panjang di SOM.


Penghargaan
Proyek Smith memenangkan 5 kali penghargaan internasional, 8 kali penghargaan National AIA, 22 kali penghargaan Chicago AIA, dan 2 kali ULI Awards for Excellence. Dan Dia adalah penerima CTBUH 2.011  yaitu Penghargaan Lynn S. Lifetime Achievement Beedle. Karya Smith di SOM telah ditampilkan di museum di Amerika Serikat, Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Timur Tengah. Dia adalah Senior Fellow dari Desain Futures Council.

2 Bangunan yang Akan Saya Jelaskan
1.    Burj Khalifa
2.    Kingdom Tower

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Anda Pembaca ke

Popular Post

Arsip Blog

- Copyright © HansTheoSimorangkir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -