Posted by : Unknown Minggu, 01 Desember 2013




Posisi Burj Khalifah dalam waktu dekat akan digantikan oleh bangunan lain yaitu Kingdom Tower. Gedung pencakar langit yang diperkirakan rampung 2018 nanti menghabiskan biaya sebesar USD1,5 miliar atau sekira Rp11,8 triliun.
Gedung yang akan dibangun di Jeddah, Saudi Arabia ini memiliki tinggi 1.000 meter atau 1 km.
Kingdom Tower merupakan karya dari Adrian Smith yang nantinya berfungsi sebagai hotel, kondominium, serta perkantoran. Tak heran, jika Kingdom Tower disebut sebagai saingan dari Burj Khalifah yang hanya setinggi 828 meter atau 2.716 kaki.
Nantinya, 56 elevator di Kingdom Tower memiliki kecepatan 10 meter per detik. Pekerjaan bangunan ini akan dimulai akhir 2013 dan selesai 63 bulan ke depan.

Konsep Desain

Gaya arsitektural menara ini adalah supertall skyscraper yang berbentuk seperti jarum yang meruncing pada puncaknyaDasarnya yang berbentuk segitiga dan badan menara yang miring dari Kingdom Tower ini dirancang untuk mengurangi beban angin. Menara ini berlokasi di dekat Laut Merah yang mana di depannya ada sungai buatan dan pelabuhan yang akan dibangun di sekitarnya.

Analisa Bangunan Kingdom Tower

Gedung pencakar langit yang masih dalam tahap pembangunan ini fungsinya hampir sama dengan Burj khalifa, yaitu terdapat hotel, residental, butik, dll yang berhubungan dengan perekonomian daerah tersebut.
Bentuk gedung ini berkaki tiga sama halnya dengan Burj Khalifa. tetapi gedung ini tidak memiliki potongan-potongan bentuk seperti Burj Khalifa yangmembentuk teras. Sebagai gantinya pada ketinggian 2:3 terdapat teras besar berbentuk lingkaran seperti teras atau helipad gedung Burj Al Arab di Dubai. Teras tersebut didesain menghadap laut merah sebagai pemandangan utamanya. Dapat dibayangkan betapa indahnya apabila berdiri pada ketinggian tersebut melihat pemandangan laut merah, Kota Jeddah, dan di seberang laut merah adalah negara Mesir.
Disekitar gedung juga terdapat sungai & danau buatan dikarenakan letak gedung ini terletak di pinggir laut merah.

Foto-foto

Denah beserta pondasi:

Siteplan:

Tampak depan:

Tampak samping (kanan):

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Anda Pembaca ke

Popular Post

Arsip Blog

- Copyright © HansTheoSimorangkir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -