Posted by : Unknown Jumat, 10 Januari 2014


kelelawar Wow, Gua di Texas Dihuni 20 Juta Kelelawar
Sebuah gua di Texas tampaknya bisa disebut sebagai markas utama kelelawar.   Bagaimana tidak? Ada 20 juta ekor kelelawar yang tinggal di dalamnya. Tak heran, gua tersebut menjadi koloni kelelawar terbesar sedunia.
Gua itu bernama Bracken Bat Cave yang terletak di selatan Comal County. Selama musim panas di setiap tahunnya, diperkirakan ada 20 juta kelelawar bermigrasi dari Meksiko ke Texas untuk melahirkan dan membesarkan anak-anak mereka di gua itu.
Para kelelawar itu akan keluar dari gua setiap malam pada bulan Maret sampai Oktober. Mereka berhamburan dari dalam mulut gua selebar 30 meter itu untuk berburu berton-ton serangga. Saking banyaknya hingga butuh waktu 4 jam untuk semua kelelawar itu keluar dari mulut gua ke langit bebas.
Tak heran, penduduk menggambarkan pemandangan koloni kelelawar terbang keluar itu seperti hujan badai. Kelelawar itu terbang di radius 90 km dari gua di ketinggian hingga 10 ribu kaki. Mereka makan ngengat dan hama pertanian selama 8 sampai 12 jam.
Banyaknya koloni makhluk malam itu dalam mengendalikan hama yang kerap menghancurkan ladang jagung dan lainnya. Keberadaannya di sana juga memiliki peran penting dalam sejarah Texas dan Amerika Serikat yaitu jadi tambang kotoran kelelawar pada 1860-an. Guano atau kotoran kelelawar dulu digunakan untuk membuat bubuk mesiu hitam namun sekarang sebagai pupuk pertanian di seluruh Amerika Serikat.
Bracken Bat Cave terdapat di tanah pribadi milik Konservasi Kelelawar Internasional yang memiliki 697 hektar tanah belum dikembangkan. Akses ke gua kini juga dibatasi oleh penduduk sekitar untuk melindungi habitat kelelawar. Namun, wisatawan bisa mengikuti tur ke gua untuk menonton koloni kelelawar.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Anda Pembaca ke

Popular Post

Arsip Blog

- Copyright © HansTheoSimorangkir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -